1. Buka link Simpatika(https://simpatika.kemenag.go.id/madrasah)
2. Login dengan akun masing-masing
3. Daftar AKG (pilih Mapel AKG)
KKG MI KABUPATEN KENDAL MERUPAKAN SARANA DAN WAHANA PENYALUR ASPIRASI GURU, KEPALA, PENGAWAS DAN PEMANGKU KEPENTINGAN MADRASAH DALAM RANGKA PENGEMBANGAN DUNIA PENDIDIKAN
1. Buka link Simpatika(https://simpatika.kemenag.go.id/madrasah)
2. Login dengan akun masing-masing
3. Daftar AKG (pilih Mapel AKG)
NAMA ALLAH YANG KE SERATUS
Nama Allah dalam asmaul Husna jumlahnya ada 99, adakah nama Allah lain yang
Ke-100? Kalau ada, apa itu? Dan apakah nama Allah hanya terbatas pada 100 nama
tersebut?
assalamu'allaikum warokhmatullahi wabarokatu..
ISMULLOHIL A'ZHOM ADALAH ALLAH
JAWABAN
Asmaul Husna atau nama Allah yang ke-100 adalah nama Allah itu sendiri. Ibnu
Najam dalam Al-Ashbah wan Nazhair ala Madzahib Abi Hanifah, hlm. 4/173
menyatakan:
{ وسئل النبي صلى الله تعالى عليه وسلم عن معنى سبحان الله فقال تنزيه مناسب أسماء
الجلال والتكبير مناسب أسماء الجلال والتحميد مناسب أسماء الجمال لأن الحمد يكون
على النعم } ولهذا كانت الأعداد تسعة وتسعين بعدد أسماء الله الحسنى وختمت المائة
بلا إله إلا الله في إحدى الروايتين ، وفي رواية أخرى بأربع وثلاثين تكبيرة لأنه
قيل إن اسم الله الأعظم هو تمام المائة فاسم الله الأعظم في أسماء الجلال
Arti ringkasan: ... dikatakan bahwa nama Allah yang Agung itu adalah nama
ke-100 dari Asmaul Husna
Adapun nama Allah yang 99 adalah sebagai berikut:
الرَّحمنُ الرَّحيمُ المَلِك القُدُّوسُ السَّلاَمُ المُؤْمِنُ المُهَيمِنُ
العَزِيزُ الجَبَّارُ المُتَكَبِّر الخَالِقُ البَارِيءُ المُصَوِّرُ الغَفَّارُ
القَهَّارُ الوَهَّابُ الرَّزَّاقُ الفتَّاحُ العَلِيمُ القَابِضُ البَاسِطُ
الخافضُ الرَّافِعُ المعزُّ المذِل السَّمِيعُ البَصِيرُ الحَكَمُ العَدْلُ
اللّطِيفُ الخَبِيرُ الحَلِيمُ العَظِيمُ الغَفُورُ الشَّكُورُ العَلِيُّ
الكَبِيرُ الحَفِيظُ المُقِيتُ الحَسِيبُ الجَلِيلُ الكَرِيمُ الرَّقِيبُ المُجِيبُ
الْوَاسِعُ الحَكِيمُ الوَدُودُ المَجِيدُ البَاعِثُ الشَّهِيدُ الحَق الوَكِيلُ
القَوِيُّ المَتِينُ الوَلِيُّ الحَمِيدُ المُحْصِي المُبْدِيءُ المُعِيدُ
المُحْيِي المُمِيتُ الحَيُّ القَيُّومُ الوَاجِدُ المَاجِدُ الوَاحِدُ الصَّمَدُ
القَادِرُ المُقْتَدِرُ المُقَدِّمُ المُؤَخِّرُ الأوَّلُ الآخِرُ الظَّاهِرُ
البَاطِنُ الوَالِي المُتَعَالِي البَرُّ التَّوَّابُ المنتَقِمُ العَفُوُّ
الرَّءوف مَالِكُ المُلْكِ ذُو الجَلاَلِ وَالإكْرَامِ المُقْسِط الجَامِعُ
الغَنِيُّ المُغْنِي المَانِعُ الضَّارُّ النَّافِعُ النُّورُ الهَادِي البَدِيعُ
البَاقِي الوَارِثُ الرَّشِيدُ الصَّبُور
_________________________
ISMULLOHIL A'ZHOM ADALAH ALLAH
Assalamu'allaikum..
Saya mau menanyakan tentang sifat allah yang ke seratus. Mungkin yang saya
maksud seperti ya rokhman, ya rokhim dan sebagainya.
Terimakasih, wassalamuallaikum..
JAWABAN
Yang pertama perlu diluruskan bahwa Asmaul Husna bukan sifat Allah, tapi
nama-nama Allah. Dalam QS Al-A'raf :180 Allah berfirman, "...
tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut)
nama-nama-Nya." Berdasarkan ayat ini jelas dikatakan bahwa Al-Rohman,
Al-Rohim, dst itu adalah nama-nama Allah, bukan sifat-sifat-Nya. Kata
"Asma ul Husna" itu sendiri maknanya adalah 'nama-nama yang indah'
Kedua, kami mengerti maksud Anda yang ingin mengetahui apa nama Allah yang
ke-100 sebagai kelanjutan dari nama Allah yang jumlahnya 99. Dalam QS Al-A'raf
:180 Allah berfirman "Hanya milik Allah asma-ul husna, maka bermohonlah
kepada-Nya dengan menyebut asma-ul husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang
menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan
mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan."
Adapun penjelasan bahwa Asmaul Husna itu ada 99 berdasarkan hadits sahih
riwayat Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah Nabi bersabda:
عن أبي هريرة رضي الله عنه أن النبي صلى الله عليه وسلم قال: "إن لله تسعة
وتسعين اسماً مائة إلا واحداً من أحصاها دخل الجنة
Artinya: Nabi bersabda: Allah
memiliki 99 nama, 100 kurang satu. Barang siapa yang meng-ihsha-nya (mengamalkannya)
maka akan masuk surga.
Apakah ada nama Allah yang lain selain yang 100 di atas? Tentu saja ada. Nama
Allah tidak terbatas hanya pada ke-100 nama di atas ini berdasarkan hadits
sahih riwayat Ahmad (disahihkan oleh Ibnu Hibban dan Hakim dan lainnya) sebagai
berikut:
أسألك بكل اسم هو لك سميت به نفسك، أو أنزلته في كتابك، أو علمته أحداً من خلقك،
أو استأثرت به في علم الغيب عندك
Artinya: Aku memohon pada-Mu dengan semua nama-Mu yang Engkau sebut Diri-Mu,
atau yang turunkan nama itu di Kitab-Mu atau yang Engkau ajarkan pada seseorang
dari belakangmu, atau Engkau sebut secara khusus dalam ilmu ghaib di sisi-Mu.
Namun demikian tidak ada satu ulama pun yang mengetahui apa saja nama Allah
selain yang 100 itu yang disebut dalam alam ghaib tersebut.
Ketiga, mengapa guru Anda memerintahkan untuk mencari nama Allah yang ke-100
itu kemungkinan dikarenakan ada hadits yang menyatakan bahwa apabila kita
berdoa dengan memakai nama itu maka akan dikabulkan dan permintaannya akan
diberi. Dalam hadits sahih riwayat Abu Daud dan Tirmidzi Nabi bersabda:
عن بريدة رضي الله عنه أن رسول الله صلى الله عليه وسلم سمع رجلاً يقول: اللهم إني
أسألك بأني أشهد أنك أنت الله، لا إله إلا أنت، الأحد الصمد، الذي لم يلد ولم
يولد، ولم يكن له كفواً أحد. فقال: " والذي نفسي بيده، لقد سأل الله باسمه
الأعظم، الذي إذا دُعي به أجاب، وإذا سئل به أعطى
Artinya: ... Nabi bersabda, "... dia (lelaki itu) telah meminta pada Allah
dengan Ismullohil Al-A'zhom (nama-Nya yang Agung) yang apabila ia berdoa
dengannya, doanya akan dikabulkan, dan apabila ia meminta, maka permintaannya
akan Allah penuhi."
Menurut sebuah hadits hasan riwayat Tirmidzi dari Asma bahwa Ismullohil
Al-A'zhom terdapat dalam dua ayat Al-Quran:
عن أسماء بنت يزيد أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: "اسم الله الأعظم في
هاتين الآيتين (وإلهكم إله واحد لا إله إلا هو الرحمن الرحيم) [البقرة: 163]،
وفاتحة سورة آل عمران (الم الله لا إله إلا هو الحي القيوم) [آل عمران: 1،2]
Artinya: Nabi bersabda, "Ismullohil Al-A'zhom itu terdapat dalam dua ayat
dalam QS Al-Baqarah 2:163 dan Ali Imran 3:12 yaitu dalam ayat وإلهكم إله واحد لا إله إلا هو الرحمن الرحيم dan الم الله لا إله
إلا هو الحي القيوم"
Keempat, jadi apa nama Allah yang ke-100 itu? Jawabnya adalah Ismullohil
Al-A'zhom atau nama Allah yang Agung. Apa nama Allah yang Agung itu? Khotib
Al-Syarbini dalam kitab Al-Iqna' menyatakan:
وعند المحققين أنه اسم الله الأعظم، وقد ذكر في القرآن العزيز في ألفين وثلاثمائة
وستين موضعاً
Artinya: Ulama muhaqqiq berpendapat bahwa Ismullohil A'zhom adalah kata
"Allah" itu sendiri. Dan kata "Allah" disebut di dalam
Al-Quran pada 2.360 tempat.
Kesimpulan
Nama Allah yang ke-100 adalah ismullohil a'zhom atau nama Allah yang Agung. Apa
itu? Ada beberpa perbedaan ulama. Kata "Allah" itu sendiri yang
menurut beberapa ulama menjadi Ismullohil A'zhom nama yang kalau kita berdoa
dengan menyebut nama tersebut maka doa kita akan dikabulkan dan permintaan kita
akan dipenuhi.
Kabar Angin segar buat bapak / ibu guru / kepala madrasah bahwa juknis BOS Madrasah (MI, MTs, MA, & MAK) untuk Tahun Anggaran 2022 telah tertuang dalam Kepdirjen Pendis Nomor 6065 Tahun 2021 Tentang Petunjuk Teknis Pengelolaan Bantuan Operasional Pendidikan Raudlatul Athfal (BOP RA) dan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Madrasah Tahun Anggaran 2022.
Juknis BOS Madrasah Tahun Anggaran 2022, Kementerian Agama mengadakan reorientasi program Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) Raudlatul Athfal (RA) dan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Madrasah. Hal ini dilakukan supaya tidak berfokus pada tujuan aksesibilitas saja, akan tetapi juga berfokus pada peningkatan mutu pembelajaran di madrasah. Dalam konteks ini, BOP RA dan BOS Madrasah sangat diharapkan mampu menjadi salah satu instrumen efektif dalam peningkatan mutu pembelajaran siswa.
Tujuan Penggunaan BOS Madrasah Tahun Anggaran 2022
Sesuai Juknis BOS Madrasah Tahun Anggaran 2022, penggunaan dana BOS Madarasah (Bantuan Operasional Sekolah Madrasah) ditujukan untuk:
Ruang Lingkup Juknis BOS Madrasah Tahun Anggaran 2022
Pada DIKTUM KESATU Kepdirjen Pendis Nomor 6065 Tahun 2021 Tentang Petunjuk Teknis Juknis BOS Madrasah Tahun Anggaran 2022, dinyatakan bahwa Menetapkan Petunjuk Teknis Pengelolaan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) Dan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Madrasah Tahun Anggaran 2022 sebagaimana tercantum dalam lampiran yang menjadi bagian tidak terpisahkan dari Keputusan ini.
Selanjutnya pada DIKTUM KEDUA Kepdirjen Pendis Nomor 6065 Tahun 2021 Tentang Petunjuk Teknis Juknis BOS Madrasah Tahun Anggaran 2022, menyatakan Petunjuk Teknis sebagaimana yang dimaksud pada DIKTUM KESATU merupakan panduan untuk Tim Pengelola Bantuan di Tingkat Pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota, dan Satuan Pendidikan dalam melakukan kegiatan penyaluran, pencairan, penggunaan, dan pelaporan dana BOP dan BOS Madrasah untuk Tahun Anggaran 2022.
Ruang lingkup Petunjuk Teknis BOS Madrasah Tahun Anggaran 2022 adalah meliputi tata cara penyaluran, pencairan, penggunaan, pengadaan barang & jasa, dan pelaporan dana Bantuan Operasional Pendidikan dan Bantuan Operasional Sekolah pada Madrasah tahun anggaran 2022.Kriteria Penerima Dana BOS Madrasah Tahun Anggaran 2022
Sesuai Petunjuk Teknis BOS Madrasah Tahun Anggaran 2022, kriteria penerima dana BOS Madrasah tahun anggaran 2022 adalah sebagai berikut:
Besaran Dana BOS Madrasah Tahun Anggaran 2022
Berapakah besaran dana BOS
madrasah kali ini? Alokasi BOS Madrasah untuk tahun anggaran 2022
persatuan pendidikan menurut Kepdirjen Pendis Nomor 6065 Tahun 2021
Tentang Petunjuk Teknis BOS Madrasah Tahun Anggaran 2022, adalah sebagai
berikut:
Ketentuan Penggunaan Dana BOS Madrasah Tahun Anggaran 2022
Adapun Ketentuan Umum Penggunaan Dana BOP RA dan BOS Madrasah menurut
Kepdirjen Pendis Nomor 6065 Tahun 2021 Tentang Petunjuk Teknis BOS
Madrasah Tahun Anggaran 2022, yaitu:
Selengkapnya silahkan baca Petunjuk Teknis atau Juknis BOS Madrasah Tahun Anggaran 2022 melalui salinan dokumen yang bisa bapak / ibu guru dan kepala madrasah unduh berikut ini.
Download Juknis BOS Madrasah Tahun Anggaran 2022.
Penutup
Demikian informasi tentang Juknis BOS Madrasah Tahun Anggaran 2022. Semoga bermanfaat untuk perkembangan madrasah bapak / ibu sekalian.
Kementerian Agama terus melakukan pembenahan pendidikan yang dikelolanya. Salah satu program untuk menjaga mutu GTK dilingkungan Kemenag dengan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah.
PKB GTK adalah tersedianya baseline pemetaan kompetensi Guru dan Tendik madrasah. Baseline data pemetaan kompetensi tersebut dapat dilakukan melalui Asesemen Kompetensi Guru, Kepala dan Pengawas Madrasah.
Sasaran kegiatan Asesmen Kompetensi Guru, Kepala dan Pengawas Madrasah ini adalah semua guru, kepala dan pengawas madrasah pada semua jenjang; mulai jenjang MI, MTs, dan MA/MAK.
alam Keputusan Dirjen Pendis Nomo 4446 Tahun 2020 Sasaran asesmen GTK di Kemenag yaitu Guru MI 182.125, Guru MTs 120.547, Guru MA 54.873, Kepala Madrasah 82.270, Pengawas Madrasah 3.659.
Untuk dapat mengikuti asesmen GTK tersebut, para guru, kepala madrasah, dan pengawas harus siapkan kelengkapannya
Kelengkapan syaratnya yaitu:
1. Guru PNS/Bukan PNS dan Bersertifikasi/Belum Bersertifikasi;
2. Kepala Madrasah PNS/Bukan PNS dan Bersertifikasi/Belum Bersertifikasi;
3. Pengawas Madrasah;
4. Sudah melakukan verval ijazah S1/D4;
5. Sertifikasi/Ijazah S1/D4 adalah mata pelajaran yang di ikutkan AKG.
Berikut langkah singkat untuk pengajuan AKG, AKK dan AKP :
1. Login sebagai PTK pada layanan https://simpatika.kemenag.go.id/
2. Pilih menu AKG lalu klik Daftar AKG
3. Setelah itu pilih mata pelajaran AKG dan tempat AKG jika sudah sesuai klik SIMPAN
4. Data Ajuan sudah tersimpan, silahkan pantau terus laman ini pada akhir pendaftaran untuk mendapatkan informasi surat pengantar yang berisi jadwal, tanggal dan jam pelaksanaan AKG.
5. Apabila ingin membatalkan pendaftaran AKG silahkan dapat klik link pada kalimat "Jika ingin membatalkan pendaftaran, "klik disini".***
link latihan soal
BAHAN MATERI PERSIAPAN AKG/AKK/AKP✏️
Rangkuman Materi Pedagogik = http://bit.ly/RangkumanPedagogik 📒
Materi Kompetensi Guru = http://bit.ly/MateriKompetensiGuru
Teori Kognitif = http://bit.ly/TeoriKognitif
Teori Humanistik = http://bit.ly/MateriTeoriHumanistik
Teori Kontruktivisme = http://bit.ly/TeoriKontruktivisme
Soal Pedagogik
Soal Pedagogik 1 = https://bit.ly/tespedagogik1
Soal Pedagogik 2 = https://bit.ly/Pedagogik2
Soal Pedagogik 3 = https://bit.ly/Pedagogik3
Soal dan Pembahasan
Literasi Numerasi = http://bit.ly/SoalLiterasiNumerasi
Literasi Sains = http://bit.ly/PembahasanLiterasiSains
Literasi Sain 2 =http://bit.ly/literasiSains2
Bahan Materi Pengawas
Buku Kerja Pengawas = http://bit.ly/BukuPengawas
Bahan Materi Kepala Madrasah
Buku Kerja Kepala Madrasah = http://bit.ly/BukuKepalaMadrasah
selamat mencoba semoga jadi bahan tambahan reverensi kawan kawan untuk persiapan AKG/AKK/AKP
Salam Sukses selalu
![]() |
Direktorat KSKK Madrasah DitJen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI telah membuat buku pelajaran yang diberi nama Buku Digital Madrasah. Dikutip dari laman http://simulasidigital-muchamadekisa.blogspot.com/ buku digital adalah versi elektronik dari buku.
Buku digital adalah bentuk digital dari buku cetak. Buku cetak pada umumnya terdiri atas setumpuk kertas dijilid yang berisi teks atau teks dan atau gambar, maka buku elektronik berisikan informasi digital yang dapat berisi teks, gambar, audio, video.Sebuah bentuk buku yang dapat dibuka secara elektronis melalui komputer. E-book ini berupa file.
Buku
Digital Madrasah ini merupakan salah satu alternatif media belajar.
Berbeda dengan buku
cetak, buku digital dapat memuat konten multimedia di dalamnya sehingga
dapat
menyajikan bahan ajar yang lebih menarik dan membuat pembelajaran
menjadi lebih
menyenangkan.
Buku Digital Madrasah ini sudah disempurnakan dan bukan Uji Publik lagi, sehingga merupakan versi resmi dan lengkap.
Tentunya Kawan-kawan mulai penasaran seperti apa laman dan bentuk Buku Digital Madrasah ini. sekarang…., untuk lebih jelas dan lengkapnya silahkan kawan-kawan kunjungi laman pada link di bawah ini
http://madrasah2.kemenag.go.id/buku/
|
KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA
KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KAB. KENDAL
MADRASAH IBTIDAIYAH
...............................................................................
|
Nama : …………………
Nomor : …………………
|
|
Tema
Kelas
|
:
:
|
Hari / Tanggal
W a k t u
|
:
:
|
|
KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA
KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KAB. KENDAL
MADRASAH IBTIDAIYAH
...............................................................................
|
Nama : …………………
Nomor : …………………
|
|
Tema
Kelas
|
:
:
|
Hari / Tanggal
W a k t u
|
:
:
|
|
KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA
KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KAB. KENDAL
MADRASAH IBTIDAIYAH
...............................................................................
|
Nama : …………………
Nomor : …………………
|
|
Mata Pelajaran
Kelas
|
:
:
|
Hari / Tanggal
W a k t u
|
:
:
|
|
No.
|
Muatan Pelajaran
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Soal
|
Bentuk Soal
|
Skor
|
Nomor Soal
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Soal
|
Bentuk Soal
|
Skor
|
Nomor Soal
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
N
± 3
|
|
Mapel
|
Nilai
|
TTD Guru
|
Komentar
|
TTD Ortu
|
Komentar
|
|
PPKn
|
|
|
|
|
|
|
B. Indo
|
|
|
Mapel
|
Nilai
|
TTD Guru
|
Komentar
|
TTD Ortu
|
Komentar
|
|
IPA
|
|
|
|
|
|
|
IPS
|
|
||||
|
SBDP
|
|
|
Nilai
|
TTD Guru
|
Komentar
|
TTD Ortu
|
Komentar
|
|
|
|
|
|
|